Waris Anak Tunggal Perempuan

Al-Quran Surah An-Nisa’ ayat 11-14 adalah dasar utama ilmu Faroid, pembagian harta waris. Salah satu kandungan penting dalam ayat tersebut bahwa ketentuan Allah soal pembagian harta waris bisa jadi tidak sejalan dengan pandangan dan logika manusia.
ldii-waris-wanita1
Pembagian harta menurut pandangan manusia sangat subyektif dan dipengaruhi rasa emosional. Bagi seseorang, pembagian harta kepada anak-anak, keluarga atau sanak famili sangat dipengaruhi rasa suka tidak suka, siapa yang paling dekat, siapa yang paling disayangi itulah yang akan mendapatkan bagian lebih banyak.

…آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ لَا تَدْرُونَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ لَكُمْ نَفْعًا فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا* سورة النساء اية 11
… ayah kalian dan anak-anak kalian jangan memandang siapakah yang lebih dekat bagimu manfaatnya, ketetapan dari Allah sesungguhnya Allah Maha Melihat dan maha Menghukumi.
[Surah An-Nisa (4) Ayat 11]

Sedangkan ketentuan Allah bersifat mutlak dan adil, tidak memandang anak sulung atau anak bungsu, tidak memperhitungkan antara anak yang kaya atau anak yang dhuafa. Disinilah ujian Allah kepada hambaNya apakah ia tergolong orang bertaqwa atau tidak. Setiap penyimpangan dalam pembagian harta waris diancam oleh Allah dengan siksa Neraka.

وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُهِينٌ (14)
Barangsiapa menentang Allah dan UtusanNya dan menyimpang dari ketetapan-ketetapanNya akan dimasukkan neraka mereka kekal di dalam neraka dan bagi mereka siksa yang pedih.
[Surah An-Nisa (4) Ayat 14]

Dalam Surah An-Nisa’ ayat 11 Allah Ta’ala menetapkan besarnya bagian harta waris berdasarkan status atau hubungan antara ahli waris dengan si mayit. Status utama dalam jalur kewarisan adalah anak laki-laki (ابن) dan anak perempuan (بنت).

Bagian Anak Laki-laki Dua Kali Bagian Anak Perempuan
Salah satu ketentuan Allah tentang harta waris adalah bagian seorang anak laki-laki dua kali bagian anak perempuan. Dengan kata lain, anak laki-laki dihitung dua kepala sedangkan anak perempuan satu kepala.

يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْأُنْثَيَيْن …* سورة النساء اية 11
Allah berwasiat pada kalian dalam anak-anak kalian, bagi anak laki-laki sebanding dengan bagian dua anak perempuan … al-ayat
[Surah An-Nisa’ (4) ayat 11]

ابن 2 ابن 2 ابن 2
بنت 1 بنت 1 ابن 2
بنت 1 بنت 1
أصل المسألة: 3 أصل المسألة: 4 أصل المسألة: 5
Contoh kasus:

Ahli waris terdiri dari satu anak laki-laki dan satu anak perempuan maka bagian masing-masing:
Anak laki laki mendapatkan 2/3 bagian nilai harta waris
Anak perempuan mendapatkan 1/3 bagian dari nilai total harta yang ditinggalkan
Ahli waris terdiri dari satu anak laki-laki dan dua anak perempuan maka ashal masalah pembagian adalah 4 (empat), dan bagian masing-masing:
Anak laki laki mendapatkan 2/4 atau separoh bagian nilai harta waris
Masing-masing anak perempuan mendapatkan 1/4 (seperempat) atau 25%.
Ahli waris terdiri dari 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan maka ashal masalah pembagian adalah 5 (lima), dan besarnya pembagian:
Anak laki laki masing-masing mendapatkan 2/5 atau 40% bagian nilai harta waris
Sedangkan Anak perempuan mendapatkan 1/5 (seperlima) atau 20%
Waris Anak-anak Perempuan
Yang agak mengejutkan dalam Ilmu Waris Islam barangkali adalah pembagian untuk ahli waris wanita tunggal atau bila seluruh ahli waris terdiri dari anak perempuan.

Sebagai pewaris tunggal, seorang ahli waris wanita tidak medapatkan bagian seluruh harta peninggalan namun hanya ½ (separoh) atau 50% dari total nilai harta peninggalan. Apabila ahli waris perempuan lebih dari satu maka bagiannya maksimal 2/3 (duapertiga) sedangkan sisanya masuk ke Baitul Maal.

فَإِنْ كُنَّ نِسَاءً فَوْقَ اثْنَتَيْنِ فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ وَإِنْ كَانَتْ وَاحِدَةً فَلَهَا النِّصْفُ…* سورة النساء اية 11
… maka apabila ada anak perempuan lebih dari dua orang maka bagi mereka 2/3 bagian dari harta peninggalan dan jika ada satu orang perempuan maka baginya separoh …
[Surah An-Nisa’ (4) ayat 11]

Tentang Toko BAROKAH

Melayani anda dengan baik dan amanat dengan tujuan ingin mendapatkan keridhoan dan rizky yang halal dari TUHAN YANG MAHA ESA
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengajian islam dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s